you're reading...
Berita Sekolah

Meski Kabut Tebal, Monitoring Terus Jalan

Monitoring-PengawasKabut tebal diiringi gerimis kecil tampak menyelimuti Tunggul Manik, hari ini, Selasa (2/8/2016). Saking tebalnya, jam 10.00 siang pun masih terasa seperti Subuh. Namun, geliat pembelajaran masih berjalan efektif. Tak ada jam kosong atau pembelajaran terbuang sia-sia oleh guru yang tak hadir, karena cuaca yang tak bersahabat ini. Justru, suasana sekolah tampak ramai dengan kehadiran seluruh guru SMP Negeri 2 Pagerwojo (SANGDEWO). Bukan tanpa alasan, para guru sekolah gunung ini, sengaja hadir meskipun ada yang di hari itu, tak ada jam mengajar. Hari ini, guru-guru SANGDEWO mendapat giliran monitoring dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), kabupaten Tulungagung. 

Masuk tahun pelajaran baru 2016/2017, Dinas Dikbud memang tengah gencar-gencarnya melakukan monitoring ke sekolah-sekolah, dari SMP sampai SMA atau SMK. Monitoring yang dilakukan mencakup bidang manajerial dan akademik. Tak hanya monitoring terhadap kinerja kepala sekolah, juga kinerja Tendik dan Pendik di sekolah sasaran. Monitoring ini dilakukan untuk memantau secara langsung sejauh mana kesiapan Tendik dan Pendik menghadapi tahun pelajaran 2016/2017 ini.

Monitoring yang dilakukan oleh bidang ketenagaan Dinas Dikbud dan juga para pengawas sekolah ini, bertujuan untuk memacu peningkatan kinerja kepala sekolah, wakasek, laboran, pustakawan, guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Tak ayal, semua persiapan pun harus dilakukan. Bagi guru, mereka wajib menyiapkan seluruh perangkat pembelajaran yang dibutuhkan: RPP, prota, promes, silabus, kalender pendidikan, jadwal tatap muka, agenda harian, KKM, daftar nilai, presensi siswa dan hal lain yang terkait. Sementara, kepala sekolah mesti menyiapkan diri terkait dengan kegiatan manajerial yang menjadi tanggungjawabnya. Kegiatan monitoring ke sekolah-sekolah ini dilaksanakan selama satu minggu di awal tahun pelajaran 2016/2017 dan akan ditindak-lanjuti di akhir tahun pelajaran nanti.

Dinas Dikbud telah mendelegasikan bidang ketenagaan dan pengawas sekolah untuk melakukan monitoring ini. Untuk SANGDEWO, tim monitoring beranggotakan Suparmin, S.Pd., M.Pd., Drs. Adji Purwanto, M.M., Drs. Harianto Suminarso, MM. (semuanya pengawas sekolah), Bagus Hendriawan, S.T. (Bidang Pengawasan dan pengendalian), dan Restu Hendro Siswoto, S.E. (Bidang Pembinaan SMP). Cuaca yang kurang bersahabat ini, tak menghalangi niat mereka untuk menjalankan tugasnya. Walhasil, monitoring pun dilakukan secara langsung, dengan menanyakan setiap hal yang terkait dengan deskripsi tugas masing-masing: kasek, wakasek, atau pun tendik dan pendik lainnya.

Monitoring ini berjalan penuh keakraban dan kekeluargaan. Tak ada upaya menghakimi atau sekadar mencari-cari kesalahan. Yang ada adalah upaya membantu dan mengayomi,  to control to help. Usai monitoring, semua pun tampak lega. Tinggal bagaimana upaya ini akan dilakukan ke depan, agar suasana to control to help akan terus terjaga. Kami sudah, sekolah lain, tunggu giliran? Hehe. (Dien)

Suasana-Pengarahan-untuk-monitoringMonitoring-Pak-Suparmin-dkkDelehgasi-Tim-MonitoringSuasana-Monitoring-di-SANGDEWOSuasana-saat-pengarahan-monitoring-dinas2Sasaran-monitoring

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: