you're reading...
Berita Sekolah

Warna-Warni MOS SANGDEWO 2016

Thumbnail-Penglungan-tanda-peserta-MOS-2016Suasana hujan di pagi itu, Senin (18/7/2016). Dengan terpaksa, upacara sederhana pembukaan MOS/MOPD/PLS UPTD SMP Negeri 2 Pagerwojo (SANGDEWO) diadakan di dalam ruang Laboratorium IPA. Dalam kesempatan itu, wakil dari orangtua siswa menyerahkan pembinaan anak-anaknya kepada Drs. Bambang Ismawan, MM., selaku kepala SANGDEWO. Pelaksanaan MOS ini berlangsung selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (18-20/7/2016).

Ada hal menarik di sini, awal masuk kelas, setiap siswa baru SANGDEWO mendapatkan sticker yang menampilkan nama-nama mereka, untuk dilekatkan pada nameplate mereka. Memudahkan pemateri menyebut nama-nama mereka saat pembelajaran berlangsung. Sepanjang MOS, para siswa baru itu tampak sangat antusias mengikuti setiap sesi acara yang diadakan.

Peran Pengurus OSIS, PD, dan PH Garka

Thumbnail-POS-01Berseragam putih-hitam, para Pengurus OSIS (POS), menjalankan peran dan tugasnya masing-masing dalam membantu pelaksanaan kegiatan MOS/MOPB/PLS SANGDEWO Tahun Pelajaran 2016/2017 ini. Peran serta POS ini sangat layak untuk diapresiasi, karenanya kiprahnya yang sangat membantu suksesnya pelaksanaan seluruh kegiatan MOS.

MOS tak hanya berguna bagi siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah. Namun, juga sangat bermanfaat bagi Pengurus OSIS untuk belajar me-manage atau mengelola kegiatan secara baik di bawah bimbingan para pembina. Presentasi tentang OSIS sebagai wadah bagi siswa belajar berorganisasi, memupuk jiwa kepemimpinan, dan mengasah kepekaan dalam pengelolaan kegiatan, sangat penting bagi siswa. Persiapan beberapa Minggu sebelumnya, ternyata tak sia-sia. Meskipun, mungkin tak bisa dibilang istimewa. Tapi, anak OSIS SANGDEWO ini setidaknya mampu tampil secara baik mempresentasikan organisasinya di hadapan adik-adik barunya, Senin (18/7/2016).

Tak hanya menampilkan presentasi POS, MOS kali ini juga menampilkan presentasi dari organ struktur siswa lainnya, seperti Penegak Disiplin (PD), dan Pengurus Harian Garuda Kalimasada (PH Garka) . Namun, berbeda dengan yang lain, PH Garka tampil lebih akhir pada saat Masa Orientasi Gugus Depan (MOGD), yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (23-24/7/2016)

“Penegak Disiplin (PD) adalah satuan garda penegak disiplin di sekolah yang terdiri dari para siswa perwakilan masing-masing kelas, yang membantu pelaksanaan tugas ketertiban dan pengawasan terhadap tindakan indispliner siswa di sekolah” begitu penjelasan, Halim Kurniawan, ketua PD, saat mempresentasikan tentang PD, di hadapan siswa baru, peserta MOSSANGDEWO, Selasa (19/7/2016) lalu.

Presentasi PD dihari kedua ini, cukup mengesankan. Para peserta tampak antusias menyimak presentasi yang disampaikan Halim, sampai tuntas. Mereka pun tampak bersemangat menyimak tentang beberapa poin pelanggaran yang harus diketahuinya sebagai siswa SANGDEWO.

Latihan Presentasi

Thumbnail-Latihan-Presentasi-OSIS“Before anything else, preparation is the key to success,” begitu ungkap Alexander Graham Bell, ilmuwan terkemuka dunia, penemu telepon. “Sebelum hal lain, persiapan adalah kunci untuk meraih keberhasilan,” begitu katanya.

Minggu-minggu sebelumnya, Pengurus OSIS (POS), Penegak Disiplin (PD), dan Pengurus Harian Garuda Kalimasada (PH Garka), melakukan berbagai persiapan untuk kesuksesan MOS tahun ini. Dan, karena mereka harus presentasi di hadapan adik-adik barunya, mau tidak mau, mereka pun harus belajar presentasi. Maka, mereka harus belajar: bagaimana bicara di depan publik (public speaking), bagaimana menguasai audiens, membuat joke-joke saat suasana mulai dipenuhi kejenuhan, bagaimana presentasi menggunakan PPT (Power Point), belajar mimik dan gestur yang baik saat presentasi dll.

 Masa Orientasi Gugus Depan (MOGD)

thumbnail-MOGD-SANGDEWO-05jpgSabtu (23/7/2016), upacara Masa Orientasi Gugus Depan (MOGD) di SMP Negeri 2 Pagerwojo (SANGDEWO) telah dimulai. Tema utama yang diusung dalam kegiatan ini adalah menyemaikan kebersamaan dan persaudaraan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa baru SANGDEWO dan dibuka oleh pembina Pramuka, Heru Widiharto, S.Pd, selaku wakil dari kepala sekolah, yang berhalangan hadir. Ada beberapa acara menarik ditampilkan pada saat MOGD ini, yaitu: outbound training, penyulutan api unggun, renungan malam, dan jelajah alam. MOGD dilaksanakan selama 2 hari, dari Sabtu-Minggu (23-24/7/2016). Para peserta menginap semalaman dan menjalani aktivitas malam hari, seperti pentas seni, kreasi yel-yel, dan juga menjalani renungan di pagi dini hari sekali.

Outbound Training

Thumbnail-MOGD-Outbound-Training-04Para peserta MOGD SANGDEWO tampak asyik mengikuti outbound training selepas dhuhur, Sabtu (23/7/2016), kemarin. Permainan sederhana yang mendidik soal bagaimana bekerjasama dalam sebuah tim dan mengeratkan saling pengertian dan kesepahaman diantara mereka. Para peserta MOGD tampak antusias. Acara ini berlangsung sangat meriah dan semarak.

Penyulutan Api Unggun

Thumbnail-Api-Unggun-03Lepas Isya’, upacara penyulutan “Api Unggun” dalam rangka Masa Orientasi Gugus Depan (MOGD), telah dilakukan. Kak Heru Widiharto, S.Pd, bertindak sebagai pembina. Api unggun menyala diiringi tepuk pramuka yang meriah dari para peserta MOGD dan para PH Garka. Api unggun sudah menyala.

Renungan Malam

Pagi dini hari sekali, 03.00 sebelum Subuh, para peserta MOGD dikumpulkan di lapangan sekolah untuk mengikuti renungan malam. Dengan diterangi lilin-lilin yang di tata melingkar di tengah lapangan, mereka pun duduk membentuk lingkaran besar. Renungan malam ini amat menyentuh hati mereka. Sehingga, tak sedikit dari mereka yang terisak, bahkan menangis cukup keras, mengingat kesalahan yang mereka lakukan selama ini terhadap kedua orangtuanya. Renungan malam ini memang dirancang untuk mengungkap perjuangan orangtua dan suka duka mereka dalam kehidupan. Dan, susah-payah mereka dalam mendidik anak-anaknya. Memberikan pendidikan yang terbaik dan kehidupan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Jelajah Alam

thumbnail-Jelajah-MOGD-04Minggu (23-24/7/2016), saat matahari telah naik, para peserta MOGD berbaris sesuai grup masing-masing. Apel pagi pun digelar. Mereka pun disiapkan. Dari raut wajahnya, para peserta ini tampak sangat bergembira mengikuti kegiatan jelajah alam ini. Garuda muda ini (sebutan mereka) terlihat sangat asyik dalam aksi jelajah yang mereka lakukan. Rute yang harus mereka tempuh adalah lingkungan sekitar sekolah yang berupa hutan dan tanah berbukitnya yang cukup menantang. Sepanjang jalan yang ditempuh, para Garuda muda ini selalu menyanyikan yel-yel regu mereka. Sehingga suasana pun tampak meriah. Ayo teriakkan yel-yel para Garka! (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: