you're reading...
Berita Sekolah

Usai Gelar Debat, SANGDEWO Pilih Ketua OSIS

pemilu-osisIni tampak berbeda dan tak biasa. Sebelum, dilaksanakan Pemilu, SMP Negeri 2 Pagerwojo (SANGDEWO) gelar debat kandidat bagi calon ketua OSISnya untuk masa bakti 2016/2017, Senin (29/2/2016) lalu. Debat Kandidat ini berjalan seru dan menarik. Para pasangan calon ketua OSIS ini diuji melalui Debat Terbuka yang dihadiri, oleh seluruh siswa, dari kelas VII sampai IX. Selain itu, debat ini juga menghadirkan para panelis untuk menguji para calon, yaitu Drs. Bambang Ismawan, M.M. (kepala sekolah); Gendut, S.Pd. (wakil kasek); M. Fahurrahman, M.Pd.I. (wakil guru); dan Dyah Prawito Susanti (Anggota OSIS Periode sebelumnya). Sementara itu, yang didapuk sebagai host adalah Wahyudin, S.Pd., M.B.A., (Urusan Kesiswaan).

Diawal kesempatan, masing-masing pasangan calon memaparkan visi dan misinya untuk OSIS di masa mendatang. Setelah itu, mereka menerima pertanyaan dari para panelis. Tak ketinggalan pula, pertanyaan dari siswa yang hadir menyaksikan acara ini. Sorak-sorai dan tepuk tangan meriah mewarnai jalannya acara, saat satu persatu dari pasangan ini berbicara. Meski sedikit terlihat tegang–karena mungkin pengalaman pertama bagi mereka—tapi masing-masing pasangan calon ketua OSIS tersebut mampu menunjukkan kredibilitasnya sebagai wakil dari siswa. Sesi terakhir sebelum closing statement, masing-masing pasangan calon saling jual beli pertanyaan diantara mereka. Satu bertanya, sementara yang lain menjawab pertanyaan yang ditujukan padanya.

Menurut Gendut, S.Pd., debat kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS, baru pertama kali dilaksanakan sepanjang 21 tahun sejarah perjalanan SMP Negeri 2 Pagerwojo (SANGDEWO). Antusiasme siswa sudah tampak sejak awal acara ini berjalan. Masih banyak yang harus diperbaiki dalam pelaksanaannya. Namun, sebagai langkah awal bagi pembelajaran dan pembekalan siswa terhadap nilai-nilai dan sikap “demokratis” –begitu sering dikatakan– acara ini banyak memberikan bekal bagi siswa sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan. Bukan mustahil, hal itu akan terwujud bagi siswa-siswa yang bersekolah di puncak tertinggi ini.

Kesuksesan Debat Kandidat yang diteruskan dengan PEMILU OSIS SANGDEWO 2016 ini, tak lepas dari peran serta para Penegak Disiplin (PD). Para PD ini mampu memenuhi tanggungjawab yang diembankan kepada mereka dengan baik. Mulai dari proses persiapan, pelaksanaan, dan penghitungan akhir suara pemilih.

Proses pemilihan diupayakan layaknya Pemilu umumnya. Setiap siswa memiliki hak suara untuk memilih calon ketua OSIS, dengan mencontreng salah satu calon ketua pada surat suara sesuai dengan hati nurani. Pemilu yang dilakukan secara terbuka ini diharapkan mampu melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab, komitmen, jujur dan adil. Tak kalah penting, mampu menjembatani dan memperjuangkan aspirasi warga sekolah dan menjaga nama baik sekolah.

Wahyudin, S.Pd., MBA., wakil urusan kesiswaan menjelaskan, proses pemilihan diupayakan layaknya Pemilu seperti biasanya. Setiap siswa memiliki hak suara untuk memilih calon ketua OSIS, dengan mencontreng salah satu calon ketua pada surat suara sesuai dengan hati nurani. Pemilu yang dilakukan secara terbuka ini diharapkan mampu melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab, komitmen, jujur dan adil. Tak kalah penting, mampu menjembatani aspirasi warga sekolah dan melestarikan kebaikan program OSIS sebelumnya.

Hasil rekapitulasi suara pemilih pada Pemilu OSIS SANGDEWO, Senin (29/2/2016) ini menempatkan pasangan Lia Hidayanti/Endah Siti Nur Rahmah sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode 2016-2017, dengan perolehan 97 suara, mengalahkan dua pasangan lainnya: Iko Dewa Novanda/Rudi Hermawan (43 suara), dan Repi Gustriani/Elpi Lutpiani (41 suara). Jumlah suara yang masuk berdasarkan DPT sebanyak 208 pemilih, dengan rincian surat suara sah 181, tidak sah 11, dan sisanya tidak hadir. Selamat dan sukses buat Lia dan Endah! Buatlah lompatan-lompatan kreativitas yang lebih baik dimasa-masa mendatang. Kepakkan sayap-sayap kalian dan terbanglah lebih tinggi! (Dien)

Penyampaian-Visi-dan-MisiSuasana-Debat-Kandidat-OSIS-2016-02Pertanyaan-dari-wakil-siswaDi-bilik-suara-1Suasana-di-luarPenghitungan-di-papanSuasana-penghitungan-suara

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: