you're reading...
Berita Sekolah

Meriahnya Pawai Hardiknas Pagerwojo

Anak2-Sang-DewoBanyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Jumat (1/5/2015) siang, UPT Dinas Pagerwojo menyelenggarakan pawai menyambut Hardiknas 2015. Peserta pawai terdiri atas siswa SD, SMP, dan SMK yang didampingi oleh guru masing-masing. Peserta pawai ini bergerak mulai dari halaman UPT Dinas Pendidikan dan berakhir di lapangan Mulyosari, Pagerwojo.

Di sepanjang jalan, beragam atraksi yang ditampilkan peserta cukup menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya. Kendati hujan rintik turun di awal pemberangkatan, para peserta tampak tak terpengaruh. Mereka tetap bersemangat menampilkan atraksinya. Tarian reog kendang, jaranan, dan beragam tarian lainnya begitu menyemarakkan suasana sepanjang sore itu di Pagerwojo.

Sajit Tiono, S.Pd., ketua panitia, mengatakan penyelenggaraan pawai ini selain memperingati Hardiknas, juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan kreativitas siswa melalui atraksi seni budaya yang mereka tampilkan.

Menurut Sajit, belakangan dunia pendidikan kita tengah didera cobaan maraknya pelanggaran moral dan etika anak sekolah. Perbuatan mereka seperti keluar dari norma-norma yang ada. Hal itu diantaranya karena gempuran budaya asing yang meracuni dan memengaruhi perilaku mereka.

 “Nah, kita menginginkan pawai ini setidaknya akan menjadi sarana untuk memunculkan kembali semangat mencintai budaya bangsa sendiri yang adiluhung dan luhur,” pungkasnya.

Tak cukup menampilkan atraksi di sepanjang jalan, para peserta juga unjuk kebolehan di hadapan tamu undangan di tribun kehormatan. Dengan bersemangat, mereka menampilkan beragam tarian dari reog kendang sampai jaranan. Menariknya, pawai ini seperti panggung unjuk kebolehan lintas generasi dari anak-anak sampai orang dewasa. Tak hanya siswa, para guru juga banyak terlibat. Masyarakat pun tampak antusias menyaksikan atraksi ini hingga berakhir. Tak ayal lapangan Mulyosari tumpah ruah dengan lautan manusia yang menyesaki setiap sudutnya.

Selain hiburan, pawai Hardiknas ini adalah wadah menampilkan kreativitas peserta, utamanya para siswa. Di tengah gerusan budaya liberal yang semakin brutal, generasi bangsa ini perlu kembali menggali dan melestarikan budaya adiluhung bangsa. Pawai ini setidaknya mampu membangkitkan keyakinan generasi bangsa terhadap budayanya sendiri. Tak mudah terpukau atau silau dengan budaya asing. Tapi, percaya dengan kekayaan ragam seni dan budaya bangsa sendiri yang tak mudah tertandingi. (Dien)

Sang-DewoAksi-Civitas-Sang-DewoAnak-DewoAksi-Anak-SD-PagerwojoAksi-SMK-Super-dalam-Pawai-HardiknasMbok2-SMP-2-PagerwojoTumpah-ruah-Pawai-HardiknasLintas-Generasi-Pawai-HardiknasSalah-satu-aksi-dalam-pawai-Hardiknas-Pagerwojo-TulungagungTawa-Lepas-Gendut-dan-rekan

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: