you're reading...
Liputan

Peringatan Kemerdekaan RI dari Upacara sampai Pentas Seni

Thumnail-1Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-69 di gelar di Lapangan Mulyosari, Pagerwojo, Minggu (17/08/14). Camat Pagerwojo, Agung Sudrajat, SH, didaulat sebagai inspektur upacara. Sementara, Serma Sutanto, anggota Koramil 0807/15 Pagerwojo, bertindak sebagai komandan upacara. Upacara ini dihadiri oleh unsur Muspika, PNS se-Kecamatan Pagerwojo, siswa SD, SMP, dan SMK, anggota PGRI, Darma Wanita, Purnawirawan, Veteran, tokoh masyarakat/agama, serta Kades se-Kecamatan Pagerwojo.

Sesuai tema besar yang diangkat, dalam sambutannya, Inspektur upacara menyampaikan pesan agar seluruh elemen bangsa mampu menjaga harmonisasi dan hubungan baik dalam menjaga keutuhan bangsa dari gejolak pertikaian politik yang ada. Masyarakat juga diajak untuk turut menyukseskan suksesi kepemimpinan Republik Indonesia pasca Pemilu 2014 yang baru saja selesai diselenggarakan.

Seperti lazimnya, upacara ini tak lepas dari penampilan Tim Paskibra siswa SMKN 1 Pagerwojo (SMK Super). Berbeda dari sebelumnya, ada sedikit perubahan alur dan formasi pada penampilan Paskibra ini, seluruh pasukan masuk ke area lapangan upacara. Formasi baru yang ditampilkan ini, cukup menarik antusias masyarakat Pagerwojo. Selain itu, tampilan tak kalah menarik juga ditunjukkan tim paduan suara PGRI Pagerwojo yang membawakan lagu-lagu kebangsaan. Tampilan tim paduan suara ini cukup mendapatkan apresiasi positif dari peserta.

Di akhir acara, peserta upacara dan masyarakat juga disuguhi dengan penampilan menarik tarian Reyog Kendang dari siswa SDN 1 dan 3 Mulyosari, dan Marching Band dari siswa SDN 1 Penjor, Pagerwojo. Persatuan guru PAUD/TK se-Kecamatan Pagerwojo, juga tak kalah tampil memukau dengan tarian Rampak Reyognya. Disaksikan oleh masyarakat yang hadir di tempat itu, ibu-ibu guru PAUD/TK ini tampil rilek dengan balutan pakaian tari merah berhias jarik batik di pingganggnya.

 

Pentas Seni Agustus

Perayaan peringatan Kemerdekaan RI seperti tak lengkap tanpa pentas seni. Antusias masyarakat yang menyaksikan pun pun seperti tak berubah dari tahun ke tahun. Suasana malam yang biasanya sepi, kini tampak ramai. Bukan sekadar seremonial, pentas seni agustusan itu juga menampilkan berbagai atraksi seni yang menarik. Pentas seni yang dilaksanakan 17 Agustus malam ini tampak seperti pesta besar masyarakat Pagerwojo.

Lapangan Mulyosari tampak penuh dengan stan dan panggung pentas seni yang berdiri di sudut kiri dan kanannya. Panggung pentas seni seluas 6 x 4 meter itu, seperti tak kuat menyanggah beban karena padatnya atraksi yang disuguhkan. Salah satu atraksi seni yang banyak menyedot perhatian penonton adalah atraksi reyog kendang yang ditampilkan siswa SD dan SMP. Masyarakat pun seperti terhipnotis hingga tak beranjak dari tempatnya sampai aktraksi seni ini usai.

Selain panggung pentas seni, stan-stan organisasi, desa, dan karang taruna tampak dipenuhi oleh pengunjung. Suguhan yang ditawarkan sangat beragam, mulai sekadar menyajikan jajakan, makanan dan minuman sampai produk-produk unggulan masing-masing, juga tayangan film dokumenter kegiatan organisasi dan desa. (Dien)

Hormat-BenderaInspektur-UpacaraPaduan-Suara-PGRIPanggung-KehormatanPara-KadesPenghormatanPeserta-UpacaraProklamasiMarching-Band-SDN-1-Penjor-PagerwojoMarching-Band-SDN-1-Penjor-Pagerwojo2Rampak-ReyogTarian-massal-Rampak-Reyog-Guru-PAUDTK-Pagerwojo

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: