you're reading...
Berita Sekolah

Peringati Hari Guru, Sang Dewo Gelar Upacara dan Penghijauan

ThumbnailMemperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-69, SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo) menggelar upacara dan penghijauan, Senin (26/10). Upacara HGN digelar di lapangan sekolah, melibatkan semua warga sekolah. Petugas upacara dilakoni oleh para guru. Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kepala Sang Dewo, Drs. Sujito, M.Pd; Komandan Upacara dijabat Heru Widiharto, S.Pd; Pembaca Teks UUD 1945, Sri Wahyuni, S.Pd; Pembawa Acara, Inayah Sudarwati; Pembawa Teks Pancasila, Drs. Wahono; Pengibar Bendera adalah Gendut, S.Pd., Mar’atun Kharidah, S.Pd., dan Yopi Abiyana Putra, M.PdI.; Pembaca Sejarah PGRI, Dra. Miftachur Rahmah; Derigen, M. Tantra Tanzil, S. Pd.; dan Pembaca Doa, M. Fathurrahman, M.Pd.I. Sementara itu, komandan regu dijabat oleh masing-masing perwakilan kelas.

Dalam sambutannya Kepala Sang Dewo, Drs. Sujito, M.Pd, mengamanatkan agar guru mampu meneladani semangat perjuangan guru di zaman kemerdekaan. Drs. Sujito, M.Pd, juga menambahkan senantiasa mengasah kemampuan untuk meningkatkan profesionalitas karena guru berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Yaitu pendidikan yang mampu membangun karakter jujur, teguh dan rasa peduli guna mewujudkan manusia yang seutuhnya.

Peringatan HGN ini, bisa menjadi sarana kontemplasi dan refleksi diri terhadap langkah panjang yang telah dilalui, khususnya terkait dengan cita-cita awal yang mendorong lahirnya HGN. Sebuah cita-cita yang saat itu dikobarkan dengan semangat kesediaan diri setiap insan guru Indonesia, untuk memberikan lebih dari kewajibannya dan menerima kurang dari hak-haknya. Guru yang mampu memberikan sumbangsih terbaik dalam pengabdiannya, setidaknya bagi siswa-siswanya.

Bersyukur, upacara ini berjalan lancar dan sukses. Sebelum membubarkan diri guru membentuk barisan bersiap diri menerima jabat tangan dari semua siswa yang ingin mengucapkan “Selamat Hari Guru”, sambil diiringi pembacaan puisi dan lagu hymne guru, juga lagu terima kasih guru. Sementara itu, siswa membentuk barisan, satu-persatu siswa antri untuk memberikan ucapan selamat. Sungguh, sebuah momen yang begitu mengharukan.

Usai upacara, siswa digiring untuk melaksanakan penghijauan lingkungan sekolah. Kegiatan penghijauan tersebut terkosentrasi di sejumlah titik di area sekitar sekolah. Kegiatan seremonialnya diawali dengan penanaman bibit pohon oleh Kepala Sang Dewo, Drs. Sujito, M.Pd., yang kemudian diikuti oleh siswa.

Drs. Sujito, M.Pd, kepala Sang Dewo, menyatakan gerakan penghijauan ini perlu digalakkan, mengingat kerusakan ekosistem dan lingkungan yang semakin mengkhawatirkan. Kejadian longsor yang sering terjadi di wilayah sekitar sekolah menjadi pelajaran berharga tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Oleh sebab itu, kasek mengharapkan semua pihak dapat menyukseskan penghijauan ini, sekaligus diikuti dengan upaya pemeliharaan yang berkesinambungan untuk menjaga kelestariannya.

“Penghijauan ini sangat besar manfaatnya bagi sekolah, untuk menambah hijau lingkungan dan terciptanya udara bersih dan sehat. Terpenting lagi, terjaganya lingkungan sekolah dari bencana yang sewaktu-waktu bisa saja datang,” ujar Drs. Sujito, M.Pd.

Kepala sekolah yang belum genap setahun menjabat itu, menambahkan untuk menumbuhkan budaya penghijauan dalam diri siswa, kegiatan semacam ini perlu dibiasakan. Untuk itulah, ia mencanangkan kegiatan penghijauan ini sebagai agenda penting sekolah. Namun, sekolah perlu mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga dan bersama-sama melestarikan lingkungan. (Dien)

Hormat-BenderaGendut-KasekHormat-Inspektur-Upacara

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: