you're reading...
Berita Sekolah

33 Regu Semarakkan Baris Kreasi di Pagerwojo

Sakera-Sang-Dewo ThumbnailSebanyak 33 regu baris kreasi menyemarakkan peringatan HUT RI ke 69 yang digelar di Pagerwojo, Jumat (13/9/2013). Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai organisasi di Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, terdiri dari instansi, karang taruna, TK dan PAUD, UPT, dan perwakilan masyarakat setempat.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Pagerwojo, Suharnoko, S.Pd, membuka sekaligus memberangkatkan peserta baris kreasi ini, start dari gerbang jalan masuk menuju kawasan Bendungan Wonorejo, Desa Mulyosari. Beberapa perwakilan muspika dan tamu undangan lainnya, tampak juga hadir dan menyaksikan baris kreasi ini.

“Baris kreasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT RI ke 69 yang kita adakan. Untuk tahun ini memang tak banyak diikuti oleh peserta seperti tahun sebelumnya. Tapi, kemeriahan dan antusias peserta tak jauh berbeda,” ungkap lelaki bertubuh subur ini.

Baris kreasi memberikan kebebasan bagi peserta untuk mengeksplorasi kreativitas mereka, meski tetap dalam batasan norma dan etika. Jarak yang harus ditempuh peserta kurang lebih 3 kilometer dengan melewati jalan Mulyosari sampai kantor Desa Samar, Pagerwojo. Di sepanjang jalan yang dilaluinya, para peserta baris kreasi ini menampilkan berbagai atraksi menarik, mulai dari tari-tarian, joget, reyog kendang, dan juga yel-yel khas masing-masing. Di sepanjang jalan itu pula, kerumunan massa yang menyaksikan aksi mereka tampak antusias dan terhibur. Even tahunan ini seakan memberikan ruang bernafas bagi mereka, di tengah hiruk-pikuk pilkada dan kampanye calon legislatif belakangan ini.

Barisan peserta baris kreasi ini tak urung memacetkan lalu lintas jalan Mulyosari dan Samar. Untungnya, dengan sigap sejumlah aparat dari Polsek Pagerwojo dan Koramil setempat mampu mengurai kemacetan ini.

Selain baris kreasi, perayaan HUT RI ke 69 sebelumnya juga dimeriahkan dengan pentas seni, pertandingan olahraga, dan lomba baris-berbaris yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat Pagerwojo.

 

Pentas Seni Agustusan

Semarak pesta agustusan masih terasa hangat, meski perayaannya diadakan pada September ini. Antusias masyarakat menyaksikan perayaan agustusan ini seperti tak terbendung. Suasana malam yang biasanya sepi, kini tampak ramai. Sejenak, kemeriahan ini seperti melenakan masyarakat Pagerwojo larut dalam kemeriahan pesta agustusan. Tak hanya sekadar seremonial, pentas seni agustusan itu juga menampilkan berbagai atraksi seni yang menarik. Pentas seni yang digelar selama empat hari, Kamis – Minggu (5-8/9/2013) itu pun seperti pesta besar masyarakat Pagerwojo.

Panggung pentas seni seluas 6 x 4 meter, seperti tak kuat menyanggah beban karena padatnya atraksi yang disuguhkan. Salah satu atraksi seni yang banyak menyedot perhatian penonton adalah atraksi reyog kendang siswa Sang Dewo (SMP Negeri 2 Pagerwojo). Masyarakat pun seperti terhipnotis hingga tak beranjak dari tempatnya sampai aktraksi seni ini usai.

“Reyog kendang Sang Dewo masih dipandang yang terbaik oleh masyarakat Pagerwojo, diantara yang lainnya hingga saat ini,” klaim Gendut, S.Pd, ketua panitia pentas seni Sang Dewo. (Dien)

Pemberangkatan-peserta-2Pasukan-SMP-3-Pagerwojo-2Atraksi-Siswa-Sang-DewoPasukan-Kuning-HitamGaya-para-BozGuru2-centil2Manis-Manja-GrupPasukan-Sang-DewoBarisan-PunokawanRegu-Baris-Putri-Sang-DewoPenabuh-Reyog-KendangAtraksi-dari-Papua2

 

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

4 thoughts on “33 Regu Semarakkan Baris Kreasi di Pagerwojo

  1. Baris kreasi yg menginspirasi!

    Posted by mBah Kakung | 16/09/2013, 09:13
  2. ihirrr….ihirrr pak…
    tpi syang hari dan tanggal pentas seninya salah.,.,.,

    Posted by fina | 16/09/2013, 11:32
  3. Terima kasih atas koreksinya. Sudah kami perbaiki.

    Posted by smpn2pagerwojo | 17/09/2013, 11:37

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: