you're reading...
Ensiklopedia

Subhanallah, Otak Lebah Mirip Otak Manusia

Lebah maduLebah madu hanya memiliki empat tipe sel saraf (neuron). Jumlahnya pun kurang dari satu juta neuron. Jumlah yang sangat sedikit dibanding neuron manusia. Namun, otak manusia dengan otak lebah madu tak jauh berbeda.

Sciencemag melansir, jika dilihat dari pembagian belahan, otak manusia dibagi dalam dua belahan, kiri dan kanan. Otak kanan mengontrol tubuh bagian kiri dan sebaliknya. Riset terbaru menunjukkan hal serupa juga terjadi padi pada otak lebah madu. 

Para peneliti melakukan percobaan dengan menghilangkan salah satu antena lebah madu,  kiri atau kanan. Lebah yang masih memiliki anteba kanan (antena kiri dihilangkan) lebih cepat mengenali lebah-lebah dari koloni yang sama, menjulurkan lidah (menunjukkan keinginan makan), dan lebih mampu mengusir lebah asing.

Sedangkan lebah yang hanya memiliki antena kiri butuh waktu lebih lama dalam mengenali lebah dari koloninya, terlihat tak berminat makan, dan salah mengenali lebah sekoloni dengan lebah asing.

Dalam laporan yang dimuat dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti menyimpulkan otak lebah madu memiliki pembagian sisi seperti otak manusia. Mereka juga menemukan antena kanan juga mengontrol beberapa perilaku lain seperti waggle dance.  Waggle dance atau tarian lebah adalah perilaku ‘canggih’ lebah untuk menunjukkan tempat sumber pakan pada koloninya. Lebah yang melakukan waggle dance agar menari membentuk angka delapan. (REPUBLIKA.CO.ID)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: