you're reading...
Berita Sekolah

Peringati Maulid Nabi, Sang Dewo Bangun Mushola

Siswa Sang Dewo Peringati MaulidPeringatan Maulid Nabi Muhammad saw di SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo) ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan mushola oleh Sudirwan, S.Pd,  Kepala Sang Dewo, didampingi Kepala Desa Kradinan, Dwi Sunarhadi, dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah dan masyarakat, Sabtu (26/1/2013). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Peringatan Maulid, mulai lomba adzan, tilawah, cerdas cermat sampai karaoke lagu religi yang di gelar Sang Dewo.

Sejalan dengan kegiatan itu, digelar pula pentas seni karaoke yang menampilkan siswa perwakilan masing-masing kelas. Mereka mengadu kemampuan olah vocal dengan menyanyikan lagu-lagu religi. Pemenang dari pentas seni ini dan juga lomba-lomba yang digelar sebelumnya mendapatkan hadiah menarik dari panitia.

“Pentas seni ini khusus menyanyikan lagu-lagu religi. Tujuannya selain sebagai sarana dakwah diharapkan siswa bisa menghayati, memahami dan mengimplementasikan syair-syair yang dinyanyikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Gendut, S.Pd, ketua panitia.

Sudirwan SPdDalam sambutan pembuka, Sudirwan, S.Pd, Kepala Sang Dewo, mengatakan rangkaian kegiatan Maulid Nabi ini merupakan salah satu wadah dan sarana membangun kebersamaan antara warga sekolah dan masyarakat. Kasek mengakui tanpa dukungan dan kerjasama tersebut, program dan kegiatan apa pun yang dilakukan akan sia-sia. Momen Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1434 Hijriyah menjadi penting untuk mewujudkan kebersamaan itu, dengan mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan yang dilakukan sekolah.

“Hari lahir Nabi Muhammad saw sudah semestinya kita peringati sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kita terhadap beliau. Lebih utama lagi kita wujudkan dalam bentuk meneladani perbuatannya di segala lini kehidupan. Untuk itu pembangunan mushola ini menjadi begitu penting sebagai tempat pembinaan untuk pendidikan teladan mulia,” ungkap Sudirwan.

Fathurrahman, M.Pd.I, guru PAI Sang Dewo mengatakan pembangunan mushola ini merupakan cita-cita lama warga sekolah. Pembangunan ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan warga sekolah untuk kegiatan ibadah, utamanya siswa. Selama ini memang ada kesulitan dalam praktik pembelajaran ibadah karena ketiadaan mushola. Biaya pembangunannya ditopang rame-rame oleh warga sekolah dan orangtua siswa melalui sumbangan suka rela.

“Semoga pembangunan mushola ini mampu menjawab kebutuhan pembelajaran terkait praktik ibadah dan kegiatan agama lainnya, serta mampu berperan dalam proses pembentukan karakter mulia siswa Sang Dewo,” terang Fathurrahman, mahasiswa program doktoral UIN Maliki Malang ini.

Sementara itu, sebagai kepala sekolah, Sudirwan menginginkan kehadiran mushola ini bisa menebarkan nilai-nilai positif dalam harmonisasi hubungan dengan warga sekitar. Karena itu, ia berharap akan ada kerjasama sekolah dengan warga masyarakat untuk menyemarakkan kegiatan agama di masa mendatang.

“Mushola sekolah bisa menjadi sarana efektif untuk harmonisasi hubungan dengan masyarakat, lebih-lebih bisa menjadi pusat kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Menjadi tempat masyarakat bersilaturahmi dan bertukar pendapat dengan sekolah,” jelas Sudirwan.

Dalam tausiahnya, Fathurrahman menerangkan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw ini dapat dijadikan pijakan untuk menggali karakter mulia Rasulullah sebagai basis dari pendidikan karakter bangsa yang sesungguhnya.

“Sungguh, jujur saya katakan kita tidak memerlukan model lain karena semua karakter mulia (akhlak al-karimah) itu semuanya ada dalam diri Rasulullah saw. Jadi, mau contoh seperti apalagi?,” terang Fathurrahman. (Dien)

MUSHOLLA AL HIKMAHillustrasi

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: