you're reading...
Berita Sekolah

Plengsengan Ambrol, Sang Dewo Bahaya!

Reruntuhan PlengsenganCurah hujan ekstrim membuat plengsengan SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo) ambrol, Rabu (9/1/2012). Kejadian ini membuat warga sekolah sangat kawatir. Kalau tidak segera dibenahi akan merembet pada bangunan di atasnya. Sebelumnya, plengsengan yang berfungsi menopang bangunan sekolah yang berdiri di atasnya tersebut, memang telah menunjukkan tanda-tanda keretakan.  

Kawasan Kradinan, letak sekolah ini berdiri, berada di area pegunungan yang dikenal rawan longsor. Setahun belakangan, beberapa kali terjadi longsor di desa ini. Tak hanya merenggut korban nyawa beberapa hewan ternak, bahkan juga manusia. Kondisi ini jelas membuat miris warga sekolah. Karena, bahaya longsor sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan mereka. Kegiatan belajar dan mengajar di sekolah ini, bisa jadi akan menjadi tumbal jika hal itu terjadi. Nasib para siswa pun sudah bisa dibayangkan.

Sudirwan, S.Pd, kepala Sang Dewo, mengatakan jauh hari, ia sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera bertindak mengatasi masalah tersebut. Ia sudah mengajukan proposal pembangunan plengsengan untuk menopang tanah yang menjadi pijakan bangunan di sekolah ini. Ke depan, Ia mengharapkan agar semua batas pinggiran sekolah yang rawan longsor itu, nantinya akan diplengseng. Namun, sampai detik ini masih menunggu tindak lanjut dari dinas terkait.

“Musim hujan yang ekstrim akhir-akhir ini, membuat kita sangat kawatir. Kalau tiba-tiba nanti akan terjadi longsor” kata Gendut, S.Pd, Waka Kesiswaan, menambahkan.

Menurut Gendut, jika tidak segera ditindaklanjuti, bisa jadi akan menimbulkan dampak yang jauh lebih parah. Tidak hanya mengancam bangunan sekolah yang berada di atasnya, juga nyawa para siswa, jika ambrol sewaktu-waktu. Kondisi ini sudah semestinya mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Sejak ambrol pertama kali, memang ada inspeksi dari pejabat dinas terkait untuk mencatat kerusakan dan kemungkinan bahaya yang ditimbulkan. Dalam kesempatan itu, mereka berjanji akan menindaklanjuti kejadian ini secepatnya.

Sekolah Rawan Longsor

Tampak AtasPerjalanan menuju SMP Negeri 2 Pagerwojo menawarkan banyak pesona keindahan. Panorama yang hijau dan sejuk sepanjang perjalanan, menjadi suguhan menarik bagi para pengendara. Di kiri dan kanan, tampak sawah-sawah dengan terasering yang tertata rapi. Barisan pohon jati di tepi hutan semakin menambah asyiknya perjalanan. Akses jalannya pun tergolong mudah dan tak banyak menimbulkan kesulitan. Walau harus diakui ada beberapa tikungan yang harus diwaspadai dan membutuhkan kehati-hatian ekstra. Jalan beraspal yang tergelar hingga puncak dan pelosoknya, layak untuk dipuji. Memang tak sepenuhnya baik, ada beberapa ruas jalan yang sepertinya agak mengganggu dan membutuhkan perhatian serius.

SMP Negeri 2 Pagerwojo terletak di kawasan Pegunungan Argo Wilis pada ketinggian sekitar 1000 m dari permukaan air laut. Tepatnya, di Desa Kradinan, Kecamatan Pagerwojo, sekitar 30 kilometer arah barat kota Tulungagung. Berdiri sejak 1994 dengan menempati area berbukit seluas kurang lebih satu hektar. Sekolah ini dikenal dengan sebutan “Sang Dewo”, adalah kependekan dari SMP Negeri 2 Pagerwojo. Memiliki slogan yang inspiratif “Meraih Prestasi di Puncak Tertinggi”, sebuah slogan yang tepat sesuai dengan keberadaannya.

Menurut kisah awal berdirinya, keberadaan SMP Negeri 2 Pagerwojo, sejatinya merupakan hasil dari program pemekaran dari SMP Negeri 1 Pagerwojo yang telah hadir terlebih dulu. Tujuan utamanya untuk menciptakan pemerataan pendidikan di wilayah ini. Melalui kerjasama yang baik antara kepala desa dan dinas terkait, proyek pembangunan sekolah ini pun akhirnya terlaksana.

Letak sekolah yang berada di kawasan bukit, membuatnya tak bebas sama sekali dari bahaya longsor. Meskipun, ada beberapa sudut tempat di sekolah ini yang telah diplengseng. Namun, itu belum cukup memenuhi standar aman sama sekali dari longsor.  Karena, sebagian besar bangunan berdiri di lokasi tanah miring yang wajibnya diplengseng. Idealnya, di setiap tempat yang dikawatirkan longsor di sekolah tersebut harus diplengseng.

Sang Dewo termasuk salah satu dari empat SMP negeri di kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. Takdir geografis yang menempatkannya di gunung, tak membuat sekolah ini sepi sama sekali dari pemanfaatan teknologi informasi. Meskipun berada di gunung, namun setiap berita kegiatan sekolah ini dapat dinikmati di laman website https://smpn2pagerwojo.wordpress.com. Untuk sementara waktu memang masih menggunakan blog gratisan dari WordPress. Namun, ini masih jauh lebih baik ketimbang website sekolah kota yang berbayar tapi tak pernah dirawat.

Untuk kenyamanan dalam proses belajar dan mengajar, semua warga sekolah gunung ini sangat mengharapkan pembangunan plengsengan itu segera direalisasikan. Semoga dinas terkait benar-benar bersungguh hati untuk merealisasikannya. (Dien)

BUTUH PERHATIAN SEGERA!

Batas SampingBerada pada sudut miring [Plengsengan yang masih utuh]

Jalan Berliku Menuju SMP Negeri 2 PagerwojoSalah satu ruas jalan menuju Sang Dewo [SMP Negeri 2 Pagerwojo]

Salah satu Sudut Jalan Menuju SMP Negeri 2 PagerwojoBerada diketinggian sekitar 1000 m dari permukaan air laut

Reruntuhan PlengsenganPlengsengan yang Ambrol [Berbahaya untuk bangunan di atasnya]

Posisi Tanah yang MiringSudut lain yang belum di plengseng

Tampak AtasTampak samping atas

Peringatan di PagarSebuah peringatan dari sekolah

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: