you're reading...
Berita Sekolah

Peringati Hari Pahlawan, Sang Dewo Gelar Pemilu OSIS

Peringatan hari Pahlawan, diramaikan dengan Pemilu OSIS, ini yang terjadi di SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo), Sabtu (10/11). Pemilu OSIS ini sengaja digelar bertepatan dengan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut, dalam perjuangan mengusir penjajah. Tak hanya tanggal, waktu pelaksanaannya pun tepat pukul 10, menit 10, dan detik 10.  Ratusan siswa tampak antusias mengikuti pesta raya demokrasi, untuk memilih ketua OSIS Sang Dewo periode 2012-2013 itu. Tak urung, satu ruang kelas disulap menjadi 2 TPS (tempat pemungutan suara) oleh petugas PPS –yang semuanya siswa– untuk pesta raya ini.

Menurut Kepala Sang Dewo, Sudirwan, S.Pd., pemilihan Ketua OSIS Sang Dewo ini dilakukan murni oleh siswa, dari siswa dan untuk siswa. Guru hanya bertugas mendampingi dan memberikan arahan dalam proses pelaksanaannya. Ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan dan pelatihan agar siswa mampu secara mandiri menyelenggarakan  pemilu sebagai pilar demokrasi. Langkah ini dipandang perlu sebagai bekal pemahaman tata cara berdemokrasi yang baik.

 “Pemilu OSIS ini salah satu wujud implementasi pembelajaran konstektual, utamanya pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)” ungkap Sudirwan.

Sudirwan, menambahkan, penyelengaraan Pemilu OSIS ini, memang baru pertama kali digelar diawal tahun kepemimpinannya sebagai kepala sekolah. Meskipun begitu pemilu ini berhasil dengan sukses diselenggarakan.

Sementara, Waka Kesiswaan, Gendut, SPd, yang sejak awal persiapan sampai pelaksanaan, aktif mendampingi PPS siswa, mengatakan, kegiatan persiapan Pemilu OSIS telah dilakukan sejak Oktober lalu. Persiapan itu mencakup pembentukan komisi pemilihan sekolah; pengumuman syarat-syarat bakal calon; pendaftaran bakal calon; sampai pemaparan visi misi. Sebelum proses pencontrengan, kedua pasangan calon ketua, masing-masing siswa kelas VIII, yaitu Gunawan – Lala Wulandari dan Desi Suryandari – Hani Farida, menyampaikan visi misi mereka, di hadapan seluruh siswa dan guru.

“Usai pemungutan suara di TPS, penghitungan suara dilakukan di KPPS; rekapitulasi oleh PPS, yang lalu mengumumkan calon jadi, kemudian pelantikan” papar Gendut, yang juga mantan Ketua PPK, kecamatan Pagerwojo pada Pemilu 2004 itu.

Yopi Abiyana Putra, M.PdI, salah satu guru pendamping, menjelaskan, proses pemilihan diupayakan layaknya Pemilu seperti biasanya. Setiap siswa memiliki hak suara untuk memilih calon ketua OSIS, dengan mencontreng salah satu calon ketua pada surat suara sesuai dengan hati nurani. Pemilu yang dilakukan secara terbuka ini diharapkan mampu melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab, komitmen, jujur dan adil. Tak kalah penting, mampu menjembatani aspirasi warga sekolah dan melestarikan kebaikan program  OSIS sebelumnya.

Hasil rekapitulasi suara pemilih pada Pemilu Sang Dewo ini menempatkan pasangan Gunawan dan Lala Wulandari Ningsih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode 2012-2013, dengan memperoleh 103 suara. Sementara, pasangan Desi Suryandari dan Hani Farida, hanya memperoleh 62 suara. Jumlah suara yang masuk berdasarkan DPT sebanyak 194 pemilih, dengan rincian surat suara sah 165, tidak sah 9, dan 20 sisanya tidak hadir.

Marni, salah satu siswa kelas VIII, mengatakan, Pemilu OSIS ini patut mendapatkan apresiasi baik, karena melalui kegiatan tersebut siswa lebih mengerti tanpa merasa canggung lagi dengan tata cara Pemilu. “Saya merasa senang karena ini kali pertama, saya mendapatkan hak suara untuk mencontreng layaknya Pemilu yang sebenarnya.” kata pelajar berwajah manis ini.

Ia juga berharap kepemimpinan OSIS yang baru nanti, akan mampu berkontribusi terhadap kemajuan OSIS Sang Dewo. Wajah OSIS yang baru, mestinya harus lebih baik dari yang sebelumnya, juga sangat terbuka terhadap aspirasi siswa. Kalau tidak, mandat dan kepercayaan seluruh siswa yang telah diberikan akan sia-sia. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

8 thoughts on “Peringati Hari Pahlawan, Sang Dewo Gelar Pemilu OSIS

  1. Penanaman nilai demokrasi yang sangat bagus. Tapi jangan sampai ada money politik sperti pemilu atau pilkada yang terjadi di daerah-daerah apalagi anarkis hanya gara-gara yang dijagokan tidak terpilih. Maju terus SMP 2 Pagerwojo….lanjutkan!!!!

    Posted by Agung Nugroho | 13/11/2012, 09:10
    • pemilihan langsung adalah bagian dari demokrasi. akan tetapi saya menilai kalau pemilihan OSIS sebaiknya melalui musyawarah karena lingkupnya masih sangat kecil sehingga yang terpilih juga mewakili aspirasi dan sesuai dengan kompetensi siswa yang ada

      Posted by jafar | 13/11/2012, 09:31
  2. Sekolah bisa menjadi mainiatur negara dalam menerapkan demokrasi yang benar, bersih dan bermartabat. Mudah-mudahan negara bisa bercermin dari proses demokrasi sekolah ini…. ( TQ)

    Posted by Syerif Ali | 13/11/2012, 09:42
  3. Pembelajaran tentang sebuah prilaku demokrasi harus mulai sejak dini dikalangan generasi muda. SMP Negeri 2 Pagerwojo telah melakukan pemberdayaan dan pengembangan cara berpikir kritis dalam menyikapi pembelajaran yang berkelanjutan. Bravo Pak Wahyudinnn

    Posted by garmawandi | 13/11/2012, 09:42
  4. Terima kasih atas semua atensinya. Cak Agung; Bang Jakfar; Akhi Syerif dan Bung Garma, kami akan selalu berusaha melakukan hal2 terbaik untuk menumbuhkan nilai2 (values) kebijakan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara bagi anak didik kami. Kami memiliki prinsip memegang teguh dedikasi dan integritas untuk memajukan sekolah kami, meski karena takdir georafis kami jauh tertinggal tapi kami berusaha terus maju “Meraih Prestasi di Puncak Tertinggi”…

    Posted by smpn2pagerwojo | 13/11/2012, 10:27
  5. Ini baru namanya learning by doing! Selamat SMPN 2 Pagerwojo

    Posted by fathurrohman8685 | 13/11/2012, 17:26
  6. Terima kasih Pak Rohman, suatu kebanggaan, salah satu guru Sang Dewo ada yang calon doktor pendidikan. Selamat dan sukses juga buat Pak Rohman.

    Posted by smpn2pagerwojo | 14/11/2012, 07:18
  7. inilah saatnya tuk menumbuhkan sikap cinta terhadap negara kita , bisa menghargai jasa para pahlawanya yg tlah berjuang merebut n mempertahankan dari penjajahan dgn bertaruh nyawa , skarang kita isi kemerdekaan ini dengan menjadikan anak bangsa kita berprestasi , unggul , berkarakter mulia , dgn belajar demokrasi di smp dewo … siswa diharapkan terbiasa menghargai perbedaan … yg menang hrus bisa merangkul saudaranya yg kalah , smua warga sank dewo hrus bisa bersatu padu kembali n bekerjasama untuk mewujudkan prestasi anak dewo di puncak tertinggi dgn aman n damai

    Posted by heru widiharto | 14/11/2012, 10:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: