you're reading...
Zona Berita

Kemendikbud Perkuat Sistem UKG Gelombang Kedua

Kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan (Kemendikbud) terus membenahi sistem dan memperkuat data peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang kedua. Dijadwalkan, UKG gelombang kedua akan digelar mulai 1 Oktober 2012 mendatang.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Syawal Gultom mengatakan, persiapan UKG gelombang kedua telah memasuki tahap sinkronisasi data. Semua data yang masuk dicocokkan, dan dilimpahkan ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Setelah itu, semua data peserta di tiap-tiap tempat uji kompetensi (TUK) akan merujuk data peserta yang diperoleh dari LPMP tersebut.

“Saat ini tahap sinkronisasi data, dan semuanya sudah dilimpahkan ke LPMP. Sudah dipastikan semua data guru peserta, setelah sinkron, baru mereka dipanggil untuk ikut UKG,” kata Syawal saat ditemui Kompas.com, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (17/9/2012).

Ia menegaskan, finalisasi semua data peserta akan berakhir pada 25 September 2012. Setelah masa tenang beberapa hari, barulah pada 1 Oktober 2012 UKG gelombang kedua akan digelar di masing-masing TUK yang telah disediakan.

“Teknis bandwith juga sudah kita cukupi, tapi kami harap komputer yang dipakai tak memiliki program yang bertentangan, misalnya seperti firewall,” ujarnya.

Selain itu, jumlah TUK untuk UKG gelombang kedua juga akan ditambah. Dari gelombang sebelumnya yang menggunakan 2900 TUK, di gelombang kedua jumlahnya akan menembus angka tiga ribu TUK. Hal itu dilakukan untuk menampung semua peserta dengan tertib, tidak bertumpuk dan lebih efisien secara waktu. Untuk diketahui, pelaksanaan UKG di gelombang pertama pada Agustus lalu menuai banyak kritik. Pasalnya, terjadi kekacauan di sejumlah daerah saat hajat yang menguji kompetensi 1.020.000 ribu guru guru itu dilaksanakan. Khususnya di hari pertama dan kedua UKG. Pemicu utama kekacauan itu adalah basis data yang bobrok, dan koneksitas internet yang terganggu. (KOMPAS.com)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: