you're reading...
Berita Sekolah

Kemeriahan Pentas Seni 17 Agustus Sang Dewo

Kemeriahan perayaan 17 Agustus masih terasa hangat, meski hari sudah menginjak September. Ini terlihat dari antusiasme masyarakat menyaksikan Pentas Seni 17 Agustus yang digelar di lapangan Mulyosari, Pagerwojo, Kamis malam (13/9/2012). Suasana malam yang biasanya lengang, menjadi ramai dengan kerumunan massa yang berduyun datang menyaksikan pentas seni itu. Kemeriahan ini seperti menghanyutkan masyarakat Pagerwojo larut dalam perayaan. Tak hanya sekadar seremonial, pentas seni ini menampilkan pula berbagai atraksi seni yang menarik.

Panggung pentas seni seluas 6 x 4 meter, seperti tak kuat menyanggah beban karena padatnya atraksi yang disuguhkan. Siswa-siswa Sang Dewo (SMP Negeri 2 Pagerwojo) tampak demikian semangat memainkan lakon seninya. Pentas seni yang digelar mulai pukul 20.00 WIB itu, menyuguhkan beragam atraksi kreasi seni. Masyarakat pun seperti terhipnotis hingga tak beranjak dari tempatnya sampai acara usai. Ragam atraksi seni yang ditampilkan mulai Reyog Kendang Tulungagung, Jaranan, Rodad, Pidato Bahasa Inggris, Pidato ala Bung Karno sampai Musikalisasi Puisi dengan tema perjuangan.

Selain itu, diakhir acara masyarakat disuguhkan dengan pemutaran film dokumenter Sang Dewo: Duka Kradinan dan Drama Kolosal Perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Duka Kradinan adalah film dokumenter yang mengabadikan kejadian pasca musibah longsor di Desa Kradinan yang merenggut 6 nyawa warganya, beberapa waktu silam. Sedangkan, Drama Kolosal Perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman adalah rekam kejadian pagelaran drama kolosal pada peringatan 17 Agustus tahun sebelumnya. Pemutaran film dokumenter tersebut tampak klop dengan tema yang diusung dalam pentas seni ini, yaitu Jas Merah, Jangan sekali-kali Meninggalkan Sejarah! (Never Leave History!).

Dalam sambutannya, ketua panitia Gendut, S.Pd, mengatakan tema Jas Merah sengaja diambil untuk mendekatkan siswa dan seluruh stake holder Sang Dewo, agar tak meninggalkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pengambilan tema “Jas Merah” ini, banyak mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat Pagerwojo. Haji Djono, salah seorang tokoh masyarakat Pagerwojo, yang juga mantan anggota DPRD Tulungagung, mengatakan tema jas merah ini sangat relevan dengan semangat perayaan 17 Agustus.

“Jas Merah adalah ungkapan Bung Karno dalam sebuah pidatonya, yang merupakan ajakan kepada seluruh elemen bangsa untuk tidak meninggalkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan,” Ungkapnya lebih lanjut.

Gunawan, siswa kelas VIII Sang Dewo, dalam pidato ala Bung Karno yang dibawakannya, menyampaikan ajakan kepada masyarakat Pagerwojo, terutama semua pelajar agar selalu bercermin pada sejarah. Untuk itu, menurutnya, pelajar harus jauh dari kegiatan-kegiatan yang merusak moral. Namun, sudah seharusnya lebih dekat dengan buku. Karena buku adalah gerbang ilmu yang akan mengantarkan kepada kemajuan bangsa. Tak cukup hanya dengan buku-buku Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, juga buku-buku Agama sebagai pedoman hidup.

Selain pentas seni, Perayaan 17 Agustus yang pelaksanaannya terpaksa dialihkan di bulan September karena bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan ini, juga dimeriahkan dengan Lomba Gerak Jalan yang diikuti oleh banyak elemen masyarakat Pagerwojo, dua hari setelahnya, Sabtu (15/9/2012). Gerak jalan ini mengambil start dan finish di lapangan Mulyosari. Rute perjalanan yang ditempuh mulai lapangan Mulyosari, Desa Samar, lalu kembali lagi ke lapangan Mulyosari. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

5 thoughts on “Kemeriahan Pentas Seni 17 Agustus Sang Dewo

  1. wah…kegiatan positip yang luar biasa,.. dengan momen hari kemerdekaan mampu menggugah semangat kreativitas dan inovasi di tengah keterbatasan yang ada….salute

    Posted by andy | 24/09/2012, 17:08
  2. Terima kasih atas kunjungan Bang Andi. Salut juga buat Bang Andi. Sukses selalu!

    Posted by smpn2pagerwojo | 24/09/2012, 19:31
  3. Itu Baru mantab! Cocok galicok. Eh, sebentar lagi da kegiatan ruba. tolong dipostkan juga!

    Posted by fathurrohman8685 | 06/10/2012, 05:36
  4. Ok Gus Rohman, ga usah kawatir.

    Posted by smpn2pagerwojo | 08/10/2012, 18:39
  5. mantaaaap

    Posted by awan | 23/06/2013, 13:48

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: