you're reading...
Berita Sekolah

Sang Dewo Gelar Upacara Hari Pramuka ke-52 Tahun 2012

Selasa, 14 Agustus 2012, sejumlah pandu sekolah larut dalam upacara bendera untuk memperingati Hari Pramuka ke-52. Sejak pagi tampak kesibukan para pandu ini mempersiapkan diri mengikuti upacara yang akan digelar di lapangan sekolah. Tepat pukul 07.30 WIB, upacara bendera dimulai. “Siap grak!” Para pandu tampak sigap menata barisan saat kakak pembina memberikan aba-aba.

Langit yang cerah dan udara yang mengalir segar di Puncak Dewo seperti turut mendukung upacara ini. Di barisan depan tampak para kakak Pembina, berdiri gagah dengan pakaian pramuka kebesarannya. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kak Sudirwan. Sementara yang lain, tampak khitmad dalam upacara. Mereka adalah para kakak pembina yang selama ini setia membimbing dan mendampingi adik-adik pramuka Sang Dewo (SMP Negeri 2 Pagerwojo), yaitu Kak Sri Wahyuni, Kak Gendut, Kak Heru Widiharto, Kak Fathurrahman, Kak Sujud, dan Kak Finata Dwi Winarti.

Dalam amanatnya, Pembina Upacara, Kak Sudirwan, kepala Sang Dewo, mengajak seluruh Pandu Sang Dewo untuk mengamalkan Satya Darma Pramuka sebagai Janji dan kehormatannya. Kak Sudirwan, juga menceritakan bahwa pencetus awal gerakan pramuka adalah Robert Boden Powell, seorang letnan jendral angkatan bersenjata Britania Raya (Inggris) pada 1907. Gerakan pramuka dikenal di Indonesia setelah diperkenalkan oleh pemerintah Hindia Belanda, 100 tahun silam.

Berdasarkan sejarahnya, tepat 14 Agustus 1961, Presiden Soekarno menganugerahkan panji-panji Kepramukaan dalam parade defile dan apel besar yang diikuti lebih dari 10 ribu Pramuka di Jakarta. Momentum inilah yang menjadi pijakan penetapan Hari Pramuka yang diperingati setiap tahunnya oleh para pramuka se-Indonesia.

Akhirnya, sekitar pukul 09.00 WIB, upacara bendera ini telah rampung dilaksanakan. Karena, pelaksanaan upacara ini bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan, panitia urung melaksanakan beberapa agenda kegiatan yang telah direncanakan. Usai upacara, sebagian besar pandu pramuka berhamburan pulang. Namun, beberapa pandu, yang semuanya anggota OSIS, masih tinggal di sekolah untuk merundingkan beberapa agenda kegiatan Agustusan, yang akan digelar September ini. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: