you're reading...
Berita Sekolah

Tabuh Jidor Semarakkan Malam Terakhir Pondok Ramadhan Sang Dewo

Malam terakhir Pondok Ramadhan Sang Dewo (SMP Negeri 2 Pagerwojo) dimeriahkan dengan kehadiran Jidor Modern “An Naafiul Salam”, Sabtu (4/8/12). Jidor Modern asal Desa Segawe, Pagerwojo, itu menampilkan hiburan kolaborasi lagu-lagu tradisional bernuasa islami yang mengandung pitutur hikmah dengan wejangan dakwah oleh Sang Dalang. Jidor modern pimpinan Sujani, ini mampu menghipnotis pendengarnya larut dalam lagu-lagu yang dibawakan. Apalagi, Dalang Suryani mampu membawakan tema-tema keseharian yang menarik dalam guroan dan wejangan dakwah yang interaktif.

Sebelumnya, setelah melaksanakan Sholat Tarawih diadakan dialog interaktif Ramadhan yang disiarkan secara on air oleh RESA FM, sebuah radio komunitas yang terletak di Desa Samar, Pagerwojo. Dialog ini menampilkan pembicara dari staf pengajar Sang Dewo, yakni M. Fathurrahman, M.Pd.I (Mahasiswa Program Doktoral UIN Maliki, Malang) dan Wahyudin, S.Pd. (Mahasiswa S2 MM UGM, Yogyakarta), dipandu oleh Yopi Abiyana Putra, M.Pd.I (Alumnus STAIN Tulungagung). Kedua pembicara ini membawakan tema menarik tentang “Spirit Ramadhan Menggapai Insan Bertaqwa”. Selain siswa Sang Dewo, ikut hadir dalam dialog ini, Sudirwan, S.Pd (kepala Sang Dewo), Drs. Mashadi, M.Pd (Kepala SMPN 1 Pagerwojo), Eko Sudjarwo (ketua komite), guru dan karyawan serta beberapa perwakilan jamaah yasin dan tahlil masyarakat Kradinan.

Untuk kali pertama Sang Dewo memilih type A dalam pelaksanaan Pondok Ramadhan. Sebagaimana juknisnya kegiatan ini terbagi dalam beberapa type. Pelaksanaannya mulai yang separuh hari sampai menginap atau perpaduan dari keduanya (kolaboratif). Sang Dewo sendiri memilih type A, yakni menginap sehari. Terbagi dalam tiga gelombang, Kelas VII, Kelas VIII, dan Kelas IX masing-masing 2 hari dan pada hari terakhir menginap di sekolah.

Sebuah kebetulan, Ramadhan kali ini jatuh bertepatan dengan bulan Agustus, yang biasanya selalu semarak dengan beragam kegiatan. Namun, hasrat mengadakan perayaan kemerdekaan itu urung dilaksanakan karena kehadiran Ramadhan. Karenanya, beberapa pihak mengambil langkah bijak mengalihkan pelaksanaan kegiatan Agustusan pada bulan September.

 

Malam Terakhir Pondok Ramadhan

Mendadak, suasana malam di Puncak Dewo yang biasanya lengang dan sepi, tampak ramai dengan kegiatan ibadah Ramadhan dari mulai tarawih, tadarrus sampai tahajjud malam. Ditambah lagi dengan kehadiran tabuh Jidor pada malam terakhir pelaksanaannya. Materi Pondok Ramadhan yang disampaikan meliputi kewajiban puasa, sholat dan amalan sunnah, tadarrus Al Quran, Zakat, dan Idul fitri. Penyampaian materi ini dilakukan pada siang hari di dalam kelas. Namun, untuk kegiatan malam hari dipusatkan di Lapangan Serbaguna Sang Dewo. Untuk itu, sebuah tenda cukup besar didirikan demi menyukseskan kegiatan ini.

Dalam laporan yang disampaikan dihadapan warga sekolah, komite dan masyarakat pada malam terakhir kegiatan, ketua panitia, Gendut, S.Pd, memberi penjelasan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan iman dan takwa, mewujudkan budaya sekolah yang religius, harmonisasi hubungan dengan masyarakat, serta mendidik siswa berkepribadian Islam.

“Ramadhan adalah proses menempa diri menjadi lebih baik. Kita berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi civitas, utamanya siswa sebagai bekal pembelajaran,” ungkap Waka Kesiswaan Sang Dewo ini.

Grup Jidor Modern “An Naafiul Salam” dihadirkan untuk mengisi dan sekaligus menutup pelaksanaan Pondok Ramadhan. Kehadiran Grup Jidor yang mengusung musik etnik islami yang dikolaborasikan dengan wejangan dakwah itu mengundang antusiasme warga sekolah dan masyarakat. Mereka menyambut positif dan merasa terhibur dengan kehadiran grup jidor ini. Ihwal menghadirkan grup jidor ini sebagai upaya turut melestarikan seni budaya. Langkah ini diambil dengan mempertimbangkan masukan warga sekolah dan komite. Setidaknya, ini akan memberikan nuansa yang berbeda dari kegiatan serupa di tahun sebelumnya.

Selain itu, untuk sarana publikasi, panitia bekerjasama dengan Radio RESA FM menampilkan promo sekolah dan pesan jiwa yang berisi nasehat dan hikmah dengan melibatkan sejumlah guru sebagai pengisi suara. Ruang publikasi via radio dipandang cukup efektif sebagai sarana komunikasi sekolah dengan masyarakat.

“Publikasi via radio adalah ajang promosi sekaligus menginformasikan kegiatan sekolah kepada masyarakat. Apalagi, masyarakat Pagerwojo dikenal dekat dengan radio,” ujar Sudirwan, S.Pd, kepala Sang Dewo.

Sejauh ini, menurut Sudirwan, S.Pd, yang baru menjabat sebagai kepala sekolah beberapa bulan lalu itu, ia mengamati ada peningkatan cukup signifikan pada peran dan antusiasme masyarakat terhadap program sekolah dengan memanfaatkan sarana dan media komunikasi via radio ini. Hal itu sangat efektif karena cakupan penyebaran informasinya yang cukup luas. Publikasi via radio ini perlu terus digencarkan untuk mendukung program sekolah di masa-masa mendatang. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

3 thoughts on “Tabuh Jidor Semarakkan Malam Terakhir Pondok Ramadhan Sang Dewo

  1. Streaming Radio resa fm http://www.radioresafm.blogspot.com

    Posted by resa | 17/08/2012, 17:45
  2. tu jidor sholawat menggelegar and bertalu-talu di atas bukit sang dewo apalagi kiyainya masih muda, energik and hansem, bravo sang dewo

    Posted by Drs. Suprapto | 21/08/2012, 07:05
  3. Dear All: Terima kasih telah berkunjung ke blog kami dan terima kasih pula atas komen2nya yang menarik. RESA FM, semoga kerjasama dengan Sang Dewo terus akan terjalin utk sosialisasi program sekolah dan kegiata lainnya. Ust. Prapto, kawan lama, bgamna kabar? Dedikasi dan loyalitas Anda tetep mjd panutan kami hingga saat ini. Sukses selalu! Salam buat temen guru SMPN 3 Kedungwaru!

    Posted by smpn2pagerwojo | 25/08/2012, 19:26

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: