you're reading...
Berita Sekolah

MOS: Generasi Baru, Semangat Baru

“Generasi Baru, Semangat Baru” adalah tema yang diusung dalam kegiatan MOS yang digelar SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo) tahun pelajaran ini. Kegiatan MOS ini digelar mulai Senin (9/7) sampai Rabu (11/7). Sedangkan kegiatan MOP (Masa Orientasi Pramuka) dilaksanakan pada hari Sabtunya (14/7). Sejalan dengan tema tersebut, MOS kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru dan terbarukan dalam menggapai prestasi dan masa depan yang jauh lebih baik.

Lebih dari itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan suasana baru bagi peserta terhadap hal-hal berkaitan dengan sekolah, mulai dari profil sekolah, struktur organisasi sekolah, OSIS beserta program kerjanya, para guru, staf TU, karyawan, serta lingkungan sekitar sekolah. Pengenalan terhadap lingkungan sekitar sekolah sangat penting artinya bagi siswa mengingat secara geografis SMPN 2 Pagerwojo adalah sekolah gunung yang memiliki tekstur tanah berbukit dan dikelilingi oleh banyak pohon tinggi dan gagah yang dikelola oleh Perhutani.

Dalam MOS ini, para pengurus dan punggawa OSIS dilibatkan secara langsung untuk mengkoordinasikan setiap acara. Selain sebagai ajang latihan kepemimpinan (leadership), juga sarana untuk menimba pengalaman menangani kegiatan yang barangkali akan sangat berarti bagi kehidupan mereka di masa mendatang.

“Kami senang mendapat kepercayaan sekolah mengawal kegiatan MOS dan MOP ini. Bagi saya dan teman-teman kegiatan ini akan menambah pengalaman dan rasa percaya diri, utamanya jika OSIS nantinya akan mengadakan event-event lainnya,” ungkap Diana Setyaningsih, Ketua OSIS Sang Dewo.

Sejumlah 68 siswa baru mengikuti kegiatan MOS Sang Dewo ini. Duapuluh persen dari peserta MOS ini tergolong sebagai keluarga miskin. Sudirwan, S.Pd, Kepala SMPN 2 Pagerwojo mengungkapkan bahwa sekolahnya memang membuka kesempatan yang luas bagi keluarga miskin untuk mendaftarkan putra-putrinya. Persoalan biaya yang sering dikeluhkan sebagai kendala putus sekolah akan dicarikan jalan keluarnya bersama semua stakeholder (pemangku kewenangan) terkait agar dapat tertangani dengan baik.

“Siswa dari keluarga miskin harus diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk dapat menikmati pendidikan, sesuai amanat undang-undang,” Jelas Sudirwan, S.Pd, menjelaskan.

Dalam sambutannya, pada pelaksanaan upacara MOS, kasek menyampaikan harapannya kepada siswa baru agar memanfaatkan kesempatan belajar di Sang Dewo dengan sebaik-baiknya. Karena itu, menurutnya mengenal lingkungan dan suasana belajar di Sang Dewo menjadi sangat penting sebagai bagian dari “Melu Hardabeni” (rasa turut memiliki).

Usai melaksanakan upacara, para peserta MOS ini dibagi ke dalam dua kelas, A dan B. Di kelas masing-masing mereka mendapatkan materi tentang topik-topik tertentu sesuai dengan jadwal yang dibagikan oleh OSIS. Mereka pun diminta saling berkenalan satu dengan lainnya sesama teman baru, kakak kelas, guru-guru, dan wali kelasnya masing-masing. Mereka juga dikenalkan dengan aturan tata tertib sekolah, juga kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat mereka serta hal-hal penting lainnya.

Koordinator MOS SMPN 2 Pagerwojo, Gendut, S.Pd mengatakan MOS yang diadakan kali ini sesuai dengan tema yang diusungnya memang diarahkan untuk membentuk karakter siswa yang memiliki daya juang tinggi dalam belajar. Sehingga materi-materi yang disampaikan pun sangat berkaitan-erat dengan perkara tersebut. Sesuai rancangan acara, MOS ini gelar mulai Senin sampai Rabu, dengan pembagian schedule Senin sampai Rabu adalah penyampaian materi dan beberapa tugas-tugas kecil. Sedangkan kegiatan MOP (Masa Orientasi Pramuka) dilaksanakan pada Sabtu (14/7), siswa baru peserta MOP ini direncanakan menginap untuk mengikuti serangkaian acara yang digelar sampai malam hari.

Sayangnya, sejak pagi hingga malam hari kabut tebal dan hawa dingin masih menyergap Puncak Dewo, sehingga perayaan api unggun batal dilakukan. Padahal, kegiatan ini menjadi acara yang paling dinantikan oleh para peserta, bahkan banyak diantaranya yang merasa kecewa. Namun, kekecewaan itu cukup terobati dengan kemeriahan pentas seni yang ditampilkan oleh para peserta dan kakak Pembina. Mereka beradu peran dan akting dalam pentas tersebut. Tak pelak meski sempat kecewa, kegiatan ini cukup menghibur peserta. Apalagi, diakhir acara peserta disuguhi dengan tayangan film dokumentasi selama kegiatan MOS dan MOP berlangsung. Film dokumentasi ini banyak memotret tingkah peserta selama kegiatan tersebut. Banyak diantara peserta yang tidak menyangka tingkah polah mereka terekam dalam film dokumentasi yang membuat suasana jadi riuh. Suasana malam yang dingin pun terasa hangat dengan gelak tawa dan keriuhan yang mereka buat. Film dokumentasi ini merupakan olah gabungan antara foto dan film yang sempat diabadikan selama kegiatan. Tayangan film dokumentasi tersebut sekaligus mengakhiri kegiatan malam itu. Alhamdulillah, semua kegiatan MOS dan MOP ini bisa terselenggara dengan lancar dan sukses. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

4 thoughts on “MOS: Generasi Baru, Semangat Baru

  1. Semangat…semangat. Aku juga dilahirkan di Pagerwojo yang indah permai dan berhati nyaman…. Selamat buat adik2 SMP Dewo…. Lanjutkan perjuanganmu tuk meraih Cita, cinta dan Citra…. Smoga Sukses slalu menyertai kalian semua. Jangan Pesimis…walau di Gunung tapi harus Sukses… Good Luck.!!!

    Posted by Ton | 05/10/2012, 11:46
  2. Terima kasih atas kunjungannya Mas Tonny, untuk film dokumenter MOS dan MOP Sang Dewo 2012 dapat dilihat di sini http://www.youtube.com/watch?v=dJtqhxbtctQ

    Posted by smpn2pagerwojo | 08/10/2012, 18:50
  3. saya senang bisa sekolah di smpn 2 pagerwojo, walaupun saya sekarang sudah tinggal di baturaja (sumatera)
    ghari2 telah ku lewati dgn canda tawa bersama kawan2…

    tolong buat yang membaca ini saya nitip salam dgn para dewan guru smpn 2 pagerwojo,,, n buat yg membaca juga silahkan sms ke no 085764212344 atas nama ELFIN mantan murid smpn 2 pagerwojo yg luulus pada angkatan 2010/2011 lalu….

    I LOVE SMPN 2 PAGERWOJO,,,

    q harap bisa menginjakan kaki q ke tanah jawa lagie…

    Posted by elfin nak perantauan | 22/02/2013, 13:12
  4. Terima kasih Elfin atas kunjungannya. InsyaAllah pesannya segera terbaca oleh sivitas Sang Dewo yg membaca pesan ini. Ok, selamat berkarya dan sukses! Kalau kembali lagi, atau mudik, silahkan main2 ke sekolah!

    Posted by smpn2pagerwojo | 26/02/2013, 00:08

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: