you're reading...
Berita Sekolah

Membaca Kualitas Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin tentu bukan hal yang mudah. Ada banyak kompetensi yang harus ia miliki. Selain harus memiliki visi yang jelas dan mudah diterjemahkan dalam realita (Having Clear Vission), ia juga harus memiliki kemampuan manajemen dan leadership yang baik (Having good management and leadership), dan yang tak kalah penting, sangat diutamakan seorang pemimpin memiliki jaringan dan pergaulan yang luas (Having Wide Networking). Inilah materi penting yang disampaikan oleh Drs. Mashadi, M.Pd, saat memimpin rapat dinas di SMP Negeri 2 Pagerwojo atau yang lebih akrab disebut Sang Dewo, Rabu yang lalu (1/2/2012).

Materi tentang kepemimpinan (leadership) memang menjadi fokus pembahasan dalam rapat tersebut. Hal ini dimaksudkan agar staf, guru dan karyawan di lingkungan Sang Dewo memiliki bekal pemahaman yang memadai tentang kepemimpinan, berikut filosofi-filosofi pengembangannya.  Sejumlah staf, guru, dam karyawan yang hadir dalam rapat bulanan ini, tampak antusias mendengarkan pemaparan dari kepala sekolah. Selain menyampaikan materi pembekalan tersebut, kasek juga menyampaikan beberapa agenda penting sekolah utamanya yang berkaitan tentang persiapan mengahadapi ujian nasional bagi kelas IX. Diantara usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal tambahan bagi kelas IX terhadap beberapa materi pelajaran ujian nasional. Mengingat dekatnya waktu ujian nasional, pemberian bekal melalui bimbingan belajar menjadi sangat penting artinya bagi para siswa.

Drs. Mashadi, M.Pd, secara tegas juga mewanti-wanti para guru pembimbing untuk terus memantau perkembangan hasil dari bimbingan belajar, utamanya pada mata pelajaran yang diampunya. Upaya ini merupakan sarana untuk mengukur ketercapaian hasil pembelajaran yang sudah dijalankan selama ini.

“Oleh karena itu, harus ada upaya lebih untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Harus juga ada semacam kesadaran yang muncul dalam diri guru untuk meningkatkan kemampuannya (up-grade),” ungkapnya lebih lanjut.

Sementara itu, agenda lain yang menjadi bahasan dalam rapat dinas itu adalah Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1433 hijriyah. Kasek berpesan, agar pelaksanaan kegiatan Maulid Nabi ini harus lebih dikedepankan dan diutamakan. Sembari ia juga mengingatkan jangan sampai peringatan Maulid Nabi ini dikalahkan dengan kehadiran Valentine yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan juga budaya luhur Bangsa Indonesia. Selepas rapat dinas ini, guru, staf dan karyawan Sang Dewo menikmati bersama-sama hidangan yang  telah disediakan sebelumnya. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: