you're reading...
Berita Sekolah

Ditengah Suasana Kabut, Siswa Sang Dewo Gelar Sholat Idul Adha

Kabut tebal masih tampak menyelimuti Puncak Dewo. Dinginnya seperti menembus pori-pori tubuh dan menusuk sampai ke tulang. Jalan depan sekolah yang biasanya ramai dengan lalu-lalang pengendara kini tampak begitu lengang dan sepi. Namun, ditengah suasana sepi dan dingin itu terdengar suara takbir dari mulut-mulut kecil siswa Sang Dewo. Suara takbirnya seperti gemuruh lebah yang mengelilingi sarang. Siswa sekolah pucuk gunung ini dengan semangatnya mengumandang takbir. Dan saat bilal melafadkan kalimah seruan shalat, serentak para siswa gunung ini berdiri dan bersiap-siap melaksanakan Shalat Idul Adha 1432 H, yang digelar di lapangan sekolah, Minggu (6/11/2011) ini.

Bertindak sebagai imam sekaligus khatib Shalat Idul Adha adalah M. Fathurrahman, M.Pd.I, guru PAI Sang Dewo. Adapun bilalnya adalah Yopi Abiyana Putra, M.Pd.I, wakasek Kesiswaan Sang Dewo. Selain siswa Sang Dewo, tampak hadir dalam deretan jamaah sholat Idul Adha; guru, karyawan dan juga para pengurus komite sekolah.

Dalam khutbahnya yang terbilang singkat itu, Fathurrahman menyampaikan pentingnya meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim saat menghadapi ujian berat harus mengorbankan puteranya, Ismail yang telah lama dirindukan kehadirannya di dunia. Namun, karena cintanya yang demikian tinggi terhadap Allah SWT, ia rela mengorbankan apa saja, tak terkecuali puteranya sendiri. Inilah perwujudan dari cinta yang sejati, Nabi Ibrahim telah memberikan contoh itu kepada umat manusia. Maka tak berlebihan, jika Allah menyebutnya sebagai hamba yang hanif.

Semoga kita mampu meneladani semangat cinta dan jiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail ini. Dalam dunia pendidikan, barangkali wujud dari cinta dan pengorbanan itu teraplikasi dalam pendidikan generasi bangsa dengan menghadirkan pola-pola pembelajaran yang lebih manusiawi dan berkarakter.  Dengan begitu, kita masih boleh berharap yang terbaik bagi keberlangsungan generasi bangsa di masa depan. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

One thought on “Ditengah Suasana Kabut, Siswa Sang Dewo Gelar Sholat Idul Adha

  1. Biarpun cuaca berkabut ibadah sholat tetap bisa berlangsung dengan khitmat

    Posted by andy 7a | 09/11/2011, 14:36

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: