you're reading...
Berita Sekolah

Purnawiyata SMP Negeri 2 Pagerwojo Berlangsung Meriah

Puncak Tunggul Manik yang biasanya lengang, terlihat ramai dengan kerumunan massa yang datang untuk menyaksikan pentas kreasi seni yang ditampilkan siswa SMP Negeri 2 Pagerwojo pada acara Purnawiyata Kelas IX Tahun 2011, Sabtu (28/5) lalu. Bahkan, mereka tak segan memberikan aplaus yang cukup panjang pada setiap tampilan kreasi seni tersebut.

Di barisan kursi undangan, tampak hadir perwakilan muspika setempat, Ketua PGRI cabang Pagerwojo, para kepala SD, utusan OSIS SMPN 1, 3, 4 dan OSIS SMK 1 Pagerwojo, pengurus komite sekolah, dan perwakilan dari UPT pendidikan Pagerwojo. Sementara itu, para wisudawan tampil dengan pakaian dan assesoris khas masing-masing, perempuan berkebaya dan laki-laki mengenakan kemeja putih celana hitam dan berdasi, duduk berjajar di sebelah kursi para undangan.

Menariknya acara ini, karena tamu undangan dimanjakan dengan suguhan beragam kreasi seni dari siswa SMPN 2 Pagerwojo. Kreasi seni yang ditampilkan pada acara ini, sangat beragam mulai dari tari-tarian, musikalisasi puisi, reog tulungagung, band hingga drama. Secara umum, semua tampilan kreasi seni tersebut mendapatkan sambutan positif tak hanya dari para undangan tetapi juga masyarakat sekitar yang sangat antusias menyaksikan pesta kecil ini sebagai rutinitas tahunan yang bagi mereka akan teramat sayang untuk dilewatkan.

 

Ragam Acara Purnawiyata

Sedianya, acara ini sudah bisa dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Namun, karena berbagai  alasan acara ini terpaksa mundur satu jam dari rencana awal. Menurut rencana, sebelum acara inti terlebih dulu para undangan akan dihibur oleh tampilan OM. Baskara, sebuah orkes melayu yang dipandegani oleh Karang Taruna Desa Kradinan. Tapi kegiatan pra acara ini urung dilaksanakan dan giliran tampilnya harus dialihkan di akhir acara.

Kegiatan pra acara dimulai dengan masuknya iring-iringan wisudawan ke arena acara untuk menempati kursi atas nama masing-masing. Sepanjang perjalanan menuju tempat acara, para wisudawan diantar oleh para penari Reog Tulungagung kolaborasi siswa, guru dan karyawan, yang mengiringi mereka dengan tetabuhan dan tarian-tarian yang khas.

Eko Bayu (IXB) dan Devi Ariska (IXA) didaulat oleh panitia untuk menjadi pembawa acara (MC). Acara purnawiyata ini dibuka oleh pembawa acara dengan membaca Surat Al Fatihah. Dengan fasihnya Devi Ariska menuntun para hadirin melafaldkan Surat Al Fatihah ayat demi ayat. Secara umum, Kedua pembawa cara ini sukses mengantarkan acara demi acara hingga yang terakhir. (Script atau naskah pembawa acara (MC) ini, dapat di unduh Di Sini)

Suasana mendadak hening saat M. Fathur Rahman, S.PdI (guru PAI) tampil melantunkan ayat-ayat suci Al Quran. Ditambah suara merdu Wahyudin, S.Pd (guru TI) yang tampil menarik membacakan saritilawah. Mantan penyiar radio religi di Surabaya ini membacakan terjemah ayat-ayat suci Al Quran dengan suara khasnya yang mampu menyedot perhatian khalayak.

Dalam pesan sambutannya, Drs. Mashadi, M.Pd, kepala SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo) menyampaikan betapa pentingnya menghargai keluhuran dan kearifan budaya lokal  sebagai jalan untuk merumuskan pembelajaran yang lebih manusiawi sebagaimana amanat dan tujuan pendidikan nasional. Anak didik perlu diberikan bekal wawasan yang memadai tentang budaya dan kearifan lokal ini sebagai pijakan untuk mengembangkan pendidikannya.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah, Eko Sujarwo, S.P dalam sambutannya menyambut baik gagasan dan program-program pembelajaran yang disampaikan oleh kepala sekolah. Bahkan ia menambahkan, komite sekolah mendukung penuh program-program yang dicanangkan oleh sekolah tersebut. Diantara program yang dimaksudkan tersebut adalah budidaya sapi perah dan penghijauan. Program ini tentu sangat sesuai dengan keadaan dan budaya setempat. Dimana budaya kerja masyarakat Pagerwojo pada umumnya sangat mendukung program ini yaitu peternakan dan pertanian, termasuk pula didalamnya penghijauan dan pembibitan.

Aksi pentas drama “Tong Kosong” yang dimainkan oleh Anggun Subekti dan kawan-kawan, juga menjadi tampilan yang tak kalah menarik dan mendapatkan sambutan baik. Ini adalah kali kedua dimana aksi pentas drama purnawiyata dikemas dengan model lipsinct. Pengerjaannya tak memerlukan biaya yang mahal, juga tak perlu menyewa studio sulih suara segala macam. Suara para pemain cukup direkam menggunakan kamera digital 8 megapixel milik sekolah, yang kemudian dipadukan secara apik melalui software audio editing. Hasilnya, tak jauh beda dengan garapan sebuah studio rekaman professional. Hasil akhir rekaman audio dari drama tersebut dapat diunduh di Sini.

 

Peresmian Warnet Sang Dewo

Meski terletak di kawasan pegunungan, namun SMP Negeri 2 Pagerwojo (Sang Dewo) tak mau ketinggalan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan sekolah ini, terhitung empat bulan yang lalu sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Kondisi secara umum jaringan internet di tempat ini pun tergolong baik, dan jarang sekali mengalami hambatan. Tentu saja segala upaya ini dilakukan untuk mendukung keberlangsungan proses pembelajaran yang lebih baik. Sehingga meski berada di gunung tetapi teknologi bukan lagi menjadi jarak buat mereka.

Jauh sebelumnya, sejak Juni 2009 sekolah ini sudah memiliki blog yang terawat dengan baik. Blog ini memuat semua kegiatan sekolah yang selalu terup-date dan terencana secara matang. Barangkali orang tak akan menyangka bahwa blog yang sedang ia baca adalah blog sekolah gunung yang bahkan statusnya belum SSN. Blog sekolah dengan alamat https://smpn2pagerwojo.wordpress.com tersebut begitu mudah diakses. Meskipun masih menggunakan blog gratisan (sesuai dengan kemampuannya), namun content dari blog ini tidak boleh dianggap apa adanya. Lihat saja, blog ini sudah memiliki akun sendiri di You Tube untuk menampung semua film dokumenternya, yang mungkin jarang ditemui pada website atau blog sekolah kota setingkat SSN, RSBI serta SBI. Bahkan nilai bahasa dari berita yang dituliskan bukan ala kadarnya namun terlihat seperti tulisan seorang piawai yang renyah dan enak dibaca. Tampilan foto-foto kegiatan yang ditampilkannya pun layaknya foto hasil jepretan seorang professional.

Selain memberikan kata sambutan, Drs. Mashadi, M.Pd, kepala Sang Dewo, didaulat untuk  meresmikan Warnet Sang Dewo. Warnet ini difungsikan hanya untuk warga sekolah, dibuka usai jam pembelajaran, sekitar 12.30 sampai 14.00 WIB. Sesuai dengan action plan SMPN 2 Pagerwojo tahun 2011-2012, warnet ini juga akan difungsikan sebagai pusat pembelajaran komputer dan internet bagi guru dan siswa SD se-Pagerwojo, yang rencananya akan dilaksanakan setiap Sabtu, mulai 10.00 sampai 12.00 WIB.

Akhir Acara…

Beragam kreasi yang terangkai satu demi satu dalam acara, menjadi suguhan yang patut mendapatkan apresiasi baik. Tentu saja, bukan hal yang mudah bagi para kreator tersebut untuk menampilkan kreasinya, semua itu membutuhkan kerja keras. Dan semua itu sangat layak untuk dihargai.

Akhirnya, acara ini ditutup dengan pembacaan doa dengan dipimpin oleh M. Fathur Rahman, S.PdI. Dengan penuh khidmat dan khusyu, guru PAI SMPN 2 Pagerwojo yang saat ini juga tercatat sebagai mahasiswa Pasca Sarjana STAIN Tulungagung itu , berdoa demi keberkahan dan kemajuan SMPN 2 Pagerwojo. Karena segala daya dan upaya tentu tak akan ada artinya tanpa keridhoan dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Semoga Allah SWT meridhoi. Amin. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

One thought on “Purnawiyata SMP Negeri 2 Pagerwojo Berlangsung Meriah

  1. .aslmualaikum.
    .terus tingkatkan prestasi yg ptt dbngakan olh masyrakat,ngara dan bangsa kita.mungkn kami dulu tdak smeriah ini wkt purnawiyata,tetapi kami sbgai alumni sngt bnga mndngar ksuksesan smp dewo.LANJUTKAN.
    .waslmualaikum

    Posted by Dwi prasetiyo | 24/06/2011, 09:13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: