you're reading...
Berita Sekolah

Akhirnya, 277 Siswa SMP se-Pagerwojo Tuntaskan UN 2011

Kamis ini (28/4) adalah hari terakhir pelaksanaan UN 2011 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat, sejak digulirkan secara nasional mulai Senin lalu (25/4). Sesuai data yang tercatat, di wilayah Kabupaten Tulungagung, UN kali ini diikuti sebanyak 15.173 siswa yang tersebar di sejumlah satuan pendidikan yang terbagi dalam rayon.Tahun ini, jumlah total peserta UN SMP se-Pagerwojo Sub Rayon 21 Rayon 25 tercatat sebanyak 277 siswa. Dengan perincian peserta, SMPN 1 Pagerwojo (Stupa) sebanyak 128 siswa, 55 putra, 73 putri. SMPN 2 Pagerwojo (Sang Dewo) sebanyak 66 siswa, 32 putra, 34 putri. SMPN 3 Pagerwojo sebanyak 34 siswa, 23 putra, 11 putri. SMPN 4 Pagerwojo sebanyak 49 siswa, 22 putra, 27 putri. Peserta UN ini terbagi dalam ruang-ruang ujian yang berbeda. Masing-masing ruang maksimal terisi 20 peserta yang pembagiannya diurutkan berdasarkan absensi siswa.

Menjelang pelaksanaan UN hari pertama, Senin lalu (25/4), Drs. Mashadi, M.Pd, Kepala SMPN 2 Pagerwojo (Sang Dewo) memberikan wejangan terhadap siswa untuk tetap percaya diri saat mengerjakan ujian. Beberapa hari sebelumnya, sebagai bekal motivasi dan semangat, sekolah mengadakan Istighotsah dan doa bersama sekaligus sungkeman dengan mengundang wali murid kelas IX.

Adapun jadwal lengkap UN SMP tahun 2011 ini adalah sebagai berikut:

No Hari/ tanggal Mapel UN/ jam
1 Senin, 25/4/2011 Bahasa Indonesia/ 08.00 – 10.00 WIB
2 Selasa, 26/4/2011 Bahasa Inggris/ 08.00 – 10.00 WIB
3 Rabu, 27/4/2011 Matematika/ 08.00 – 10.00 WIB
4 Kamis, 28/4/2011 I P A / 08.00 – 10.00 WIB

Secara umum sesuai catatan panitia, pelaksanaan UN SMP se-Pagerwojo untuk tahun ini terbilang lancar dan sukses. Sepanjang pelaksanaan UN panitia hampir tak menjumpai persoalan yang berarti.

Pengawas UN

Sama dengan pelaksanaan UN tahun sebelumnya, susunan pengawas dalam jadwal hampir tak ada perubahan. Pada Pelantikan Pengawas UN yang diselenggarakan di SMPN 1 Pagerwojo Sabtu lalu (16/4), panitia UN Sub Rayon 21 Rayon 25 Pagerwojo mengharapkan agar para pengawas selalu menjunjung kedisiplinan dalam menjalankan tugas. Di antaranya mengenai waktu kehadiran di tempat tugas agar diupayakan tidak terlambat. Hal ini penting mengingat medan perjalanan ke beberapa sekolah seperti SMP 2, 3 dan 4 memang sedikit sulit dan jauh.

Untuk pengamanan soal UN sendiri, panitia tak merasa khawatir karena aparat kepolisian sektor Pagerwojo akan membantu sepenuhnya mengatasi masalah ini. Secara nasional, pemerintah dibantu aparat kepolisian (POLRI) telah berkomitmen melakukan pengamanan dan pengawasan soal UN secara maksimal. Sehingga kekhawatiran akan adanya rumor tak sedap mengenai adanya bocoran soal atau kunci jawaban UN, tak perlu terjadi (kompas online).

Kriteria Kelulusan Siswa

Kriteria kelulusan UN 2011 ini berbeda dengan pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam salah satu ketentuannya menyatakan bahwa nilai UN bukan satu-satunya penentu kelulusan siswa. Meski begitu, ujian nasional masih menjadi persyaratan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) khususnya pasal 72 ayat satu menyatakan bahwa kelulusan peserta didik tidak hanya dinilai dari hasil UN semata. Setidaknya ada tiga kriteria lain yang harus diperhatikan oleh sekolah yakni menyelesaikan program pembelajaran, lulus ujian sekolah, dan perolehan nilai baik pada semua mata pelajaran, yang terkategori dalam pendidikan akhlak mulia, kewarganegaraan, kepribadian, estetika, jasmani, kesehatan, dan olahraga.

Setiap nilai memiliki keriteria nilai kelulusan masing-masing. Yaitu ada batas lulus untuk tiap komponen penilaiannya. Ketentuan nilainya diberikan oleh masing-masing pengajar di sekolah.

Kemendiknas tetap menggunakan standar nilai yang sama dengan tahun lalu yakni 5,5 (lima koma lima) pada setiap mata pelajaran. Penentuan standar nilai tersebut belum bisa dinaikkan hingga Standar Pelayanan Minimun (SPM) pendidikan di setiap daerah sudah sama. Tentu saja hal ini akan membutuhkan waktu cukup lama dan bertahap (bsnp online).

Ya Allah, mudahkanlah jalan bagi kelulusan anak didik kami dalam UN ini. Jadikan itu sebagai  batu loncatan bagi keberhasilan hidup mereka di masa yang datang. Amin. (Dien)

About smpn2pagerwojo

Blog SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Banner


%d blogger menyukai ini: